Huawei Nova 8 SE Rilis, Usung "Fast Charging" 66W, Harganya?


KIOSPULSA.BIZ.IDHuawei resmi meluncurkan smartphone terbaru dari keluarga Nova series, yaitu Nova 8 SE, di China. Ponsel ini adalah suksesor Nova dari 7 SE yang diperkenalkan April lalu. 

Huawei Nova 8 SE mempunyai layar OLED berdiagonal 6,53 inci dengan resolusi Full HD Plus. Ada sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar (in-display fingerprint). 

Di bagian atas, ada poni (notch) konvensional berbentuk tetesan air (waterdrop) yang menampung kamera selfie 16 megapiksel (MP) (f/2.0). 

Pada bagian belakang ponsel, ada empat kamera yang ditampung dalam modul persegi. Keempat kamera itu terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.9), kamera ultrawide 8 MP (f/2.4), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4). 

Kamera belakang ini mendukung pembesaran digital (digital zoom) sampai 10x, juga perekaman video 4K.


Untuk segi performa, Huawei Nova 8 SE dibekali dengan chipset Mediatek Dimensity 720, dipasangkan dengan RAM 8 GB, memori internal 128 GB. 

Huawei Nove 8 SE dilengkapi baterai berkapasitas 3.800 mAh yang mendukung pengisian cepat dengan daya 66 watt. 

Fitur pendukung lainnya di ponsel berbobot 178 gram ini meliputi Bluetooth 5.1, konektor USB Type-C, audio jack 3.5mm, dukungan dual SIM. 

Ponsel ini dilengkapi dengan sistem operasi Android 10 yang telah dipoles dengan tampilan antarmuka terbaru khas Huawei, EMUI 10.1. 

Harga dan Ketersediaan 

Di China, Huawei Nova 8 SE dijual dengan harga 2.599 yuan atau setara Rp 5,6 juta untuk varian 8 GB/128 GB. Ada juga Nova 8 SE High Edition yang dijual dengan harga 2.699 yuan atau setara 5,8 juta untuk varian 8 GB/128 GB pula. 

Perbedaan versi standar dengan versi "High Edition" sendiri cuma ada di chipset dan fitur konektivitas saja. 

Huawei Nova 8 SE High Edition dibekali dengan chipset Mediatek Dimensity 800U dan telah mendukung 5G, sementara versi standar belum. 

Terlepas dari perbedaan harga dan chipset, kedua versi ponsel itu kompak hadir dalam empat pilihan warna, yaitu Deep Sea Blue, Magic Night Black, Silver Moon Stars, dan Sakura Snow Clear Sky. 

Kedua ponsel ini sendiri sudah dapat dipesan di China dan akan dijual di negara tersebut pada 11 November nanti. Belum diketahui apakah ponsel ini akan ikut dipasarkan di Indonesia atau tidak.