Realme 7 dan Realme 7 Pro Resmi Rilis, Harganya?

KIOSPULSA.BIZ.ID - Realme resmi merilis duo ponsel realme 7 dan Realme 7 Pro. Keduanya adalah penerus Realme 6 dan realme 6 Pro yang sudah dirilis Realme pada Maret lalu. 

Kedua ponsel kelas menengah itu diperkenalkan Realme di pasar India, lewat acara peluncuran yang digelar secara live streaming. 

Lalu seperti apa wujud, spesifikasi, dan harga Realme 7 dan Realme 7 Pro yang baru dirilis ini? 

Realme 7 

Sama dengan pendahulunya, Realme 7 memakai layar diagonal 6,5 inci yang mendukung resolusi Full HD Plus, dengan refresh rate 90 Hz dan sampling rate 120 Hz.

Pada bagian kiri atas layar, ada lubang punch hole yang memuat kamera selfie 16 MP. 


Di bagian belakang, terpasang empat kamera yang ditata secara vertikal. Adapun keempat kamera itu terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP.

Untuk dapur pacu, Realme 7 dilengkapi dengan System-on-Chip (SoC) Helio G95 dan mempunyai dua konfigurasi RAM juga penyimpanan, masing-masing 6 GB/64 GB dan 8 GB/128 GB. 


Pada segi daya, ponsel ini mempunyai kapasitas baterai berkapasitas 5.000 mAh, lebih besar ketimbang versi "Pro". Realme 7 dilengkapi dengan teknologi fast charging 30 Watt, yang menjanjikan pengisian ulang baterai penuh dalam 65 menit. 

Adapun fitur lainnya meliputi sensor pemindai sidik jari di layar, NFC, slot dual SIM, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11ac, port USB Type-C, dan GPS. 

Realme 7 Pro 

Berbeda dengan Realme 7 versi "reguler", Realme 7 Pro justru mempunyai ukuran layar yang sedikit lebih kecil, yaitu 6,4 inci dan mempunyai resolusi Full HD Plus. Sensor pemindai sidik jari tertanam di dalam layar berjenis Super AMOLED. 

Selain itu, Realme sudah menurunkan refresh rate pada ponsel ini menjadi 60 Hz. Padahal sebelumnya, Realme 6 Pro mempunyai refresh rate yang mencapai 90Hz. 

Sedangkan pada bagian depan, ponsel ini cuma mempunyai satu kamera selfie beresolusi 32 MP (f/2.5). Ini berbeda dengan pendahulunya, Realme 6 Pro, yang dibekali dengan dua kamera selfie 16 MP dan 8 MP.

Kemudian pada bagian belakang, Realme 7 Pro memakai konfigurasi kamera yang sama dengan Realme 7 reguler, yaitu kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.3), kamera macro 2 MP (f/2.4), satu lagi kamera depth sensor (f/2.4). 


Walau tetap memakai empat kamera belakang, tapi Realme 7 Pro tak mempunyai kamera telephoto 12 MP seperti pada Realme 6 Pro, alih-alih menggantinya dengan kamera depth sensor 2 MP.  

Dari sisi hardware, Realme 7 Pro mempunyai spesifikasi yang lebih unggul ketimbang versi reguler. Mengandalkan SoC Snapdragon 720G, ponsel ini dipasangkan dengan RAM dan storage dalam dua pilihan, yaitu 6 GB/128 GB dan 8 GB/128 GB.

Kapasitas penyimpanan itu bisa diperluas memakai slot microSD yang tersedia sampai 128 GB. Realme 7 Pro juga membawa fitur Dolby Atmos seperti Realme 6 Pro. Bedanya, speaker Realme 7 Pro kali ini sudah stereo. 


Baterai Realme 7 Pro berkapasitas 4.500 mAh, sedikit di bawah Realme 7. Kendati begitu, ponsel versi Pro ini sudah mendukung fast charging SuperDart 65 Watt yang diklaim bisa mengisi daya ponsel dari nol sampai penuh dalam 34 menit.

Kami himpun dari GSM Arena, Realme 7 Pro sudah menjalankan sistem operasi Android 10 dan dilapisi dengan tampilan antarmuka Realme UI.

Harga dan Ketersediaan 

Realme 7 tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Mist White dan Mist Blue. Sedangkan varian warna Realme 7 Pro terdiri dari Mirror Blue dan Mirror Silver. 

Di India, Realme 7 dijual dengan harga Rp 3 juta (6 GB/64 GB) dan Rp 3,4 juta (8 GB/128 GB). Sementara Realme 7 Pro dipatok dengan harga Rp 4 juta (6 GB/128 GB) dan Rp 4,4 juta (8 GB/128 GB). 

Penjualan perdana Realme 7 dan Realme 7 Pro di India dibuka pada 10 September nanti. Belum diketahui apakah Realme bakal membawa dua ponsel kelas menengah terbarunya ini ke pasar Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.