Smartphone Lipat Samsung Galaxy Z Fold 2 Resmi Rilis, Ini Spesifikasi Lengkapnya

KIOSPUSLA.BIZ.ID - Samsung resmi merilis smartphone lipat terbaru, yakni Galaxy Z Fold 2. Peluncuran Galaxy Z Fold 2 bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 20 series di acara Galaxy Unpacked yang digelar secara online. 

"Galaxy Z Fold 2 menjadi game changer untuk pengalaman ponsel highend" ujar Victor Delgado, Global Sales and Marketing Samsung dalam siaran langsung. 

Peluncuran Galaxy Z Fold 2 dikejutkan dengan kedatangan boyband asal Korea Selatan, BTS. 

Muncul kurang dari satu menit, beberapa personil BTS melakukan unboxing ponsel lipat baru ini dan coba membentangkan layarnya.

Mereka juga sempat menjajal fitur kamera depan Galaxy Z Fold 2, dengan beragam mode layar, seperti dilipat 90 derajat atau dibentangkan.

Samsung Galaxy Z Fold 2 sendiri adalah penerus Galaxy Fold pertama yang diluncurkan pada 2019 lalu. 

Ada tambahan nama untuk ponsel lipat terbaru Samsung ini, yakni huruf Z di depan namanya. Samsung sebelumnya memakai penamaan Z ini pada ponsel lipat lain yang berukuran lebih kecil, yakni Galaxy Z Flip.

Secara penampilan, Galaxy Z Fold 2 tampil lebih elegan. Tak ditemui notch atau poni lebar di layar OLED bagian dalam seperti pendahulunya. Sebagai gantinya, Samsung menempatkan lubang kamera atau punch hole yang menampung kamera selfie 10 MP. 

Kamera selfie 10 MP ini ada dua, masing-masing terdapat di layar bagian luar dan bagian dalam. 

Layar depan atau layar sekunder berbahan AMOLED dengan ukuran 6,2 inci (seperti ukuran layar Galaxy S20).

Ketika layar dibentangkan, layar bagian dalam berjenis Super AMOLED Y-OCTA mempunyai bentang 7,6 inci refresh rate 120 Hz. Y-OCTA sendiri adalah istilah yang diberikan Samsung untuk teknologi layar sentuh fleksibelnya. 

Di bagian punggung Galaxy Z Fold 2 ada tiga kamera yang terdiri atas kamera utama 12 MP, ultrawide 12 MP, dan telefoto 64 MP. Kamera telefoto Galaxy Z Fold 2 mempunyai zoom optik 3x dan hybrid zoom sampai 30x.

Dari segi hardware, Galaxy Z Fold 2 memakai chipset Snapdragon 865 Plus yang dipasangkan dengan kombinasi RAM dan memori internal 12 GB/256 GB dan 12/512 GB. Baterainya berkapasitas 4.365 mAh yang didukung fast charging 15 watt. 

Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi antarmuka One UI 2.5. Ada dua warna yang dapat dipilih, yaitu Bystic Black dan Mystic Bronze. 

Samsung kembali berkolaborasi dengan brand fashion kenamaan asal New York, Thom Browne untuk menghadirkan Galaxy Z Fold 2 edisi terbatas. 

Samsung belum mengumumkan ketersediaan atau harga Galaxy Z Fold 2 ketika peluncuran. Tapi Samsung berjanji bakal memberi informasi lebih detail tentang hal tersebut pada 1 September, ketika pre-order juga mulai dibuka.