HUAWEI Y8P Meluncur, Usung RAM 6 GB dan Baterai 4.000mAh, Harganya?

KIOSPULSA.BIZ.ID - Di tengah masa pandemi COVID-19 ini, Huawei masih tetap optimis terhadap pasar dengan merilis produk terbarunya yang bernama HUAWEI Y8P.
Smartphone yang satu ini datang dengan layar 6,3 inci beresolusi Full HD+ yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk tetesan air. Sedangkan layarnya memakai teknologi OLED yang bisa menampilkan konten dengan terang dan tajam.
Berkat pemakaian OLED membuat Huawei bisa menyematkan sensor fingerprint di bawah layar. Selain untuk foto selfie dan video call, kamera depan 16 MP yang ada pada poni HUAWEI Y8P ini bisa dipakai untuk fitur Face Unlock.
Beralih ke bagian belakangnya, ada dukungan tiga kamera yang memiliki konfigurasi kamera utama 48 MP, kamera sekunder 2 MP, dan kamera ultrawide 8 MP. Kombinasi kamera utama dan sekundernya bisa dipakai untuk menghasilkan foto berefek bokeh (latar buram) dengan instan.
Secara bawaan, kamera utamanya bakal menghasilkan foto dengan resolusi 12 MP berkat teknologi 4-in-1 pixel binning. Tapi jika kamu ingin mengambil foto beresolusi lebih besar dengan kamera utamanya, maka bisa mengaktifkan fitur 48 MP Mode.
Sedangkan kamera ultrawide bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan area yang lebih luas ketimbang kamera utamanya. Bahkan Huawei mengklaim jika kamera ultrawide ini bisa mengambil foto dengan sudut pandang sampai 120 derajat dan minim distorsi.
Untuk membuat foto malam hari lebih terang dan minim noise, Huawei pun menanamkan fitur AIS Handheld Night Mode pada aplikasi kamera bawaan HUAWEI Y8P.
Dari sisi hardware, smartphone ini telah dilengkapi dengan chipset Kirin 710F yang bertenaga untuk kelas menengah. Dukungan RAM berkapasitas 4 GB atau 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB sudah ditanamkan pada HUAWEI Y8P.
Jika kapasitas internalnya dirasa kurang lega, maka penggunanya bisa menyematkan kartu NM (Nano Memory) pada slot yang disediakan di smartphone ini. Sayangnya kartu NM sendiri masih dijual terbatas di pasaran sehingga harganya masih lebih mahal ketimbang kartu microSD di kapasitas penyimpanan yang sama.
Baterai berkapasitas 4.000mAh dengan dukungan 10W charging sudah ditanamkan pada perangkat ini. Tak ketinggalan juga dukungan dua kartu SIM, jaringan 4G-LTE, Bluetooth 5.0, WiFi, port USB Type-C, NFC, dan port jack audio 3,5mm sudah hadir pada HUAWEI Y8P.
Sebagai smartphone yang lahir di tahun 2020, HUAWEI Y8P tak dilengkapi dengan GMS (Google Mobile Services) maupun Google Play Store karena digantikan olehHMS (HUAWEI Mobile Services) dan Huawei AppGallery. Selain itu, ada pula aplikasi video call bawaan yang bernama Huawei MEETime.
Produk ini pun memiliki warna yang terinspirasi dari HUAWEI seri P30, yaitu Breathing Crystal dan Midnight Black. Smartphone ini sendiri dijual dengan harga yang mencapai 245 Euro atau setara Rp 3,97 juta untuk varian RAM 6 GB.