Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A21 yang Perlu Kamu Ketahui

KIOSPULSA.BIZ.ID - Samsung sudah memperkenalkan lini Samsung Galaxy A untuk tahun 2020 ini. Mereka salah satunya mengumumkan penerus Galaxy A20s yang sekarang membawa nama Galaxy A21.
Perangkat baru ini secara garis besar membawa perubahan yang lumayan signifikan bila dibandingkan dengan pendahulunya. Perangkat ini bahkan dapat dikatakan benar-benar naik tahta apalagi dengan adanya perubahan pasar yang disasar.
Untuk yang belum tahu, Galaxy A20s sebelumnya cuma dipasarkan dengan harga di rentang Rp 2 Jutaan. Tapi untuk perangkat ini, Samsung membuka harga sangat tinggi di kisaran harga Rp 4 Jutaan.
Dengan perubahan harga yang sangat jauh ini, apakah spesifikasi yang dibawanya benar-benar lebih baik? Untuk kamu yang mempunyai pertanyaan yang sama, mari kita bahas hal itu dalam artikel kali ini.
Tapi agar lebih sederhana, saya akan membaginya menjadi dua kategori berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang dibawa oleh Galaxy A21. Wajib diingat, beberapa hal yang dibahas pada artikel kali ini didasarkan kepada spesifikasi teknis sehingga sangat mungkin berbeda ketika pemakaian sesungguhnya.

Kelebihan Samsung Galaxy A21

Galaxy A21 menawarkan kamera utama sebagai salah satu keunggulannya. Meningkat dari seri sebelumnya, perangkat ini sudah memakai kamera dengan empat buah lensa yang dapat memenuhi semua kebutuhan fotografi pengguna.
Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Samsung dalam siaran persnya, Galaxy A21 mengemas kamera utama dengan lensa 16 MP ditambah lensa sudut lebar 8 MP, lensa kedalaman 2 MP, dan lensa makro 2 MP.
Dengan adanya beberapa lensa tambahan di kamera utama Galaxy A21 ini, pengguna bisa lebih kreatif dalam mengambil foto seperti foto dengan cakupan gambar yang lebar, foto potret dengan latar buram, atau foto dengan obyek yang sangat dekat.
Keunggulan di sektor fotografi ini juga dibawa Galaxy A21 ke bagian lensa depannya. Walau fokus utamanya menawarkan kamera utama, kamera depannya pun mendapatkan sentuhan yang tak kalah menarik dari Samsung.
Galaxy A21 dalam hal ini sudah dibekali dengan lensa beresolusi lebih tinggi daripada pendahulunya karena memakai lensa beresolusi 13 MP.
Layar desain Infinity-O Display pada Galaxy A21 juga menawarkan tampilan gambar yang lebih luas, apalagi ukuran layar tersebut secara teknis mencapai 6,5 inci yang sudah cukup lebar untuk ukuran layar ponsel sekarang.
Adanya pengisian cepat 15W juga bisa sangat berguna untuk memangkas waktu pengisian daya, walaupun sebenarnya pengisian cepat ini bukan yang terbaik untuk saat ini mengingat ada beberapa ponsel menengah yang menawarkan pengisian dengan daya lebih tinggi.
Desain bodi belakangnya juga terkesan tak murahan karena sudah mulai memakai desain yang mengingatkan saya dengan Samsung Galaxy Note 10 dengan kamera yang menjulur ke bawah di sisi sebelah kiri.

Kekurangan Samsung Galaxy A21

Dijual dengan harga sekitar Rp 4 Jutaan membuat saya mempunyai harapan yang sangat tinggi terhadap ponsel ini. Sayangnya, harapan saya itu harus gugur karena beberapa hal berikut ini.
Bila dibandingkan dengan pasar dimana seharusnya kita sudah mempunyai layar dengan resolusi Full HD+, perangkat ini cukup mengecewakan. Alih-alih memakai layar yang lebih tajam, Samsung malah memakai kembali resolusi HD+ ke dalam perangkat ini.
Untuk kamu yang terbiasa memakai layar beresolusi HD+ mungkin ini bukan masalah besar. Tapi untuk saya yang biasa memakai perangkat dengan layar Full HD+, tampilan layar Galaxy A21 bakal terlihat lebih kabur.
Segi baterai juga menjadi sebuah catatan yang perlu dipertimbangkan. Walau lini Galaxy A tak fokus di sektor ini, baterai 4.000mAh yang dipakai Galaxy A21 cuma tergolong cukup untuk sekarang ini karena telah banyak ponsel menengah yang menawarkan kapasitas baterai yang lebih besar.
Apalagi untuk kamu yang cukup intens bermain game seluler, baterai yang terbilang cukup kecil ini dapat jadi faktor penghambat karena kamu harus mengisi daya secara berulang-ulang.