Realme 6 dan Realme 6 Pro Meluncur di Indonesia, Ini Harganya dan Spesifikasi Lengkapnya

KIOSPULSA.BIZ.ID - Sesudah diumumkan secara global awal Maret lalu, duo ponsel kelas menengah Realme 6 dan Realme 6 Pro akhirnya resmi rilis di pasar Indonesia. 

Kedua smartphone penerus Realme 5 Pro (Realme 6) dan Realme XT ( Realme 6 Pro) ini diperkenalkan dalam sebuah acara yang digelar secara live streaming, Selasa (24/3/2020), sama seperti peluncuran globalnya. 

"Kesehatan dan keamanan rekan-rekan menjadi prioritas Realme, maka kami memutuskan untuk menggelar acara peluncuran online perdana kami (di Indonesia)," ujar Palson Yi, Marketing Director Realme Indonesia, di atas panggung peluncuran.

Tak seperti pendahulunya, Realme 6 sekarang hadir dengan layar LCD 6,5 inci (Full HD Plus) yang  mendukung refresh rate 90 Hz. Layar berlapis kaca anti gores Gorilla Glass 3 itu mempunyai lubang punch hole di bagian atas yang memuat kamera selfie 16 MP (f/2.0). 


Ada juga empat kamera belakang, terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.3), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan kamera monokrom 2 MP (f/2.4) untuk meningkatkan kualitas foto portrait. 

Ada juga aneka fitur pemotretan seperti Ultra 64MP Mode, Expert mode, AI Scene recognition, Chroma Boost, serta Super Nightscape yang dapat digunakan untuk memotret di kondisi minim cahaya. 

Untuk urusan hardware, Realme 6 mempercayakan chip MediaTek G90T dan dipasangkan dengan RAM yang tersedia dalam dua pilihan, yaitu 4 GB dan 8 GB, juga satu pilihan memori internal 128 GB. 

Ponsel ini didukung baterai berkapasitas 4.300 mAh yang support fast charging 30 watt dan diklaim dapat terisi penuh dalam waktu satu jam. 

Adapun kepala fast charger sudah termasuk di dalam kemasan dan pengisian sendiri dapat dilakukan lewat port USB Type-C. 

Realme 6 Pro 

Realme 6 Pro sendiri mempunyai spesifikasi yang mirip dengan Realme 6. Hanya saja ada beberapa peningkatan yang membuat ponsel ini lebih unggul ketimbang versi "reguler".  


Dari segi layar misalnya, Realme 6 Pro memakai layar berukuran 6,6 inci (Full HD Plus) yang dilapisi anti gores Gorilla Glass 5 dan juga mendukung refresh rate 90 Hz. 

Alih-alih satu, ada dua kamera selfie yang terpasang di dalam modul dual punch hole yang menghiasi layar ponsel itu, masing-masing yaitu kamera utama 16 MP (f/2.0) dan kamera ultrawide 8 MP (f/2.2). 

Di bagian belakang, Realme 6 Pro juga mempunyai empat kamera, tapi konfigurasinya berbeda dari Realme 6. Realme 6 Pro dilengkapi kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera telefoto 12 MP (f/2.5, hybrid zoom 20x), kamera ultrawide 8 MP (f/2.3), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). 

Selain fitur fotografi di Realme 6 tadi, ada juga fitur UIS dan UIS Max Video Stabilization di kedua ponsel untuk meminimalisir gambar buram akibat guncangan saat merekam video.

Dapur pacu Realme 6 Pro sendiri memakai chip Snapdragon 720G yang dipasangkan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB. 


"Realme 6 Pro menjadi smartphone dengan Snapdragon 720G pertama di dunia," klaim Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian di kesempatan yang sama.  

Kapasitas baterai Realme 6 Pro sama dengan Realme 6, sebesar 4.300 mAh dengan dukungan fast charging 30 watt. Kedua ponsel juga menjalankan OS Android 10 dengan antarmuka Realme UI, dan dilengkapi pemindai sidik jari (fingerprint) di bingkai sisi kanan perangkat. 

Harga dan Ketersediaan 

Di Indonesia, Realme 6 datang dengan pilihan warna Comet White dan Comet Blue. Ponsel itu dijual dengan harga Rp 3,4 juta (4 GB/128 GB) dan Rp 3,8 juta (8 GB/128 GB). 

Realme 6 Pro sendiri tersedia dalam pilihan warna Lightning Blue dan Lightning Red. Harganya dibandrol 4,5 juta (8 GB/128 GB).  

Realme 6 mulai dapat dibeli pada tanggal 27 Maret secara online di Lazada, Akulaku, dan situs realme.com. Sedangkan Realme 6 Pro dapat diperoleh mulai 24 Maret di Blibli dan realme.com. Untuk pembelian offline di toko-toko retail dimulai pada 4 April 2020.