Nokia 5310 "XpressMusic" Rilis Ulang, Harga Rp 600 Ribuan

KIOSPULSA.BIZ.ID - HMD Global, selaku pemilik lisensi Nokia belakangan gemar melahirkan kembali lini smartphone Nokia yang sempat populer. 

Sesudah merilis Nokia 3310 dan 8110 versi "reborn" pada tahun lalu, sekarang HMD Global resmi meluncurkan versi baru dari Nokia 5310 XpressMusic, ponsel ikonik Nokia yang pernah populer di era 2000-an. 

Nokia 5310 tetap menjadi feature phone atau ponsel dengan kemampuan dasar, tapi hadir tanpa embel-embel "XpressMusic". Tapi sama seperti pendahulunya, ponsel ini ditujukan untuk mereka yang suka mendengarkan musik. 

Dapat dikatakan begitu karena bingkai kanan ponsel ini dilengkapi dengan beberapa tombol pintasan untuk mengontrol musik yang tengah dimainkan (playback). 


Walau begitu, penempatan tombol playback tak sama dengan Nokia 5310 versi jadul. Tombol play/pause, next, dan previous di Nokia 5310 versi baru ditempatkan di bingkai kanan, bukan di kiri seperti pendahulunya.

Di bingkai kiri Nokia 5310 baru sekarang dipasang tombol untuk mengatur volume (up/down).  


Adapun kedua sisi yang memuat tombol-tombol tadi membawa aksen warna hitam- merah yang menjadi identitas XpressMusic.  

Beralih ke segi hardware, ponsel dengan layar 2,4 inci (resolusi QVGA) ini dibekali chip MediaTek MT6260A, RAM 8 MB, juga memori internal 12 MB. 

Kapasitas media penyimpanan di ponsel itu dapat diperluas dengan kartu Micro SD sampai 32 GB. 

Baterai Nokia 5310 mempunyai kapasitas 1.200 mAh dan diklaim dapat bertahan sampai 30 hari (standby), atau menelepon sampai 20,7 jam.

Spesifikasi lainnya meliputi kamera dengan resolusi VGA, papan ketik lawas berjenis T9, jack audio 3,5 mm, juga dua speaker yang ditempatkan di bagian depan ponsel (front-facing).  


Nokia 5310 cuma mendukung koneksi jaringan 2G saja, alias tak mendukung jaringan 3G maupun 4G. 

Artinya, ponsel ini tak dapat digunakan di wilayah yang infrastruktur jaringan 2G-nya telah dihilangkan, sebagaimana kami rangkum dari GSMArena. 

Di Eropa, Nokia 5310 hadir dengan dua pilihan warna campuran yang identik dengan generasi sebelumnya, yaitu Black/Red dan White/Red. Ponsel ini dijual dengan harga 39 Euro atau setara Rp 667.000.