Xiaomi Redmi 8 Rilis, Usung Baterai 5.000 mAh, Harga Cuma Rp 1 Jutaan

KIOSPULSA.BIZ.ID - Xiaomi pekan ini resmi meluncurkan penerus Redmi 7, yaitu Redmi 8 lewat sebuah acara di India. Secara keseluruhan, ada beberapa perubahan spesifikasi yang dibawa oleh Redmi 8 ketimbang pendahulunya. 

Peningkatan paling terlihat ada di segi baterai dan desain. Redmi 8 sekarang dilengkapi dengan baterai jumbo 5.000 mAh (fast charging 18W) dan desain cangkang mengkilap ala ponsel kekinian yang disebut "Aura Mirror". 

Soal desain, pada bagian depannya, Xiaomi Redmi 8 membawa layar berponi (notched) dengan panel LCD IPS, yang mempunyai luas layar 6,2 inci resolusi HD Plus, dan rasio aspek 19:9.

Di punggung smartphone, terdapat kamera ganda yang tertata secara horizontal, lengkap dengan modul pemindai sidik jari di bagian paling bawah. 


Kendati begitu, susunan kameranya sekarang ditempatkan di tengah, bukan di kiri atas punggung ponsel seperti Redmi 7. 

Kamera belakangnya sendiri mempunyai konfigurasi dual camera dengan kamera utama 12 megapiksel (sensor IMX 363, bukaan f/1.8) dan 2 megapiksel untuk kamera depth sensor. 

Sebagaimana kami himpun dari GSMArena, Kamis (10/10/2019), kamera utama Xiaomi Redmi 8 dibekali dengan fitur AI yang mampu mendeteksi 33 kondisi pemotretan secara otomatis. 

Untuk kamera depan, Xiaomi menanamkan kamera dengan resolusi 8 megapiksel yang juga dibekali fitur face unlock. Kamera ini terletak di dalam notch yang ada pada layar tadi.

Masuk ke segi hardware, performa Redmi 8 disokong oleh chipset yang sama dengan Redmi 8A, yakni Snapdragon 439. Chipset itu dipasangkan dengan dua varian RAM dan storage, yakni 3/32 GB dan 4/64 GB. 


Bagaimana dengan harga Xiaomi Redmi 8? Di India, Redmi 8 dijual dengan harga 7.999 Rupee (Rp 1,5 juta) untuk varian 3/32 GB dan 8.999 Rupee (Rp 1,7 juta) untuk varian 4/64 GB. 

Ponsel itu datang dalam pilihan tiga warna, yakni Onyx Black, Ruby Red, dan Sapphire Blue, dan akan tersedia di India mulai 12 Oktober nanti. 

Belum ada informasi apakah ponsel ini juga akan ikut dipasarkan di Indonesia atau tidak. Sebab, pihak Xiaomi Indonesia belum memberikan konfirmasi apa pun terkait ponsel itu.