Redmi 7A Resmi Meluncur di Indonesia dengan Baterai 4.000mAh, Harga Rp 1 Jutaan

KIOSPULSA.BIZ.ID - Sesudah beredar banyak bocoran di internet, Xiaomi Indonesia akhirnya secara resmi merilis Redmi 7A di Indonesia.
Smartphone kelas bawah ini memiliki harga yang lebih murah ketimbang Redmi Note 7 dan Redmi 7 yang sebelumnya telah dirilis di tanah air. Redmi 7A ini memiliki layar penuh di bagian depan dengan aspek rasio 18:9.
Tapi bezel atas dan bawah dari smartphone ini masih terlihat besar ketimbang Redmi Note 7 dan Redmi 7 yang telah memakai poni berbentuk waterdrop di bagian atasnya. Sedangkan layar Redmi 7A ini memiliki lebar 5,45 inci dengan resolusi HD+ (1440 x 720 piksel) dan teknologi IPS LCD.
Beralih ke segi hardware, Redmi 7A telah memakai chipset Snapdragon 439 Octa-Core yang cukup bertenaga dan hemat dalam mengonsumsi daya baterai berkat pemakaian teknologi proses 12nm.
Dalam mengimbangi performa dari chipset besutan Qualcomm itu, Xiaomi menanamkan juga RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB. Dengan kombinasi hardware ini, Redmi 7A berhasil memperoleh skor AnTuTu sebesar 74.271 poin yang cukup besar untuk smartphone kelas bawah.
Sedangkan jika kapasitas internalnya dirasa kurang lega maka penggunanya bisa menambahkan microSD. Walaupun harganya murah, tapi Xiaomi tetap menyematkan baterai berkapasitas 4.000 mAh pada smartphone yang satu ini.
Dengan kapasitas sebesar itu, Xiaomi menegaskan jika baterai Redmi 7A bisa bertahan sampai 2 hari dalam pemakaian normal. Selain itu, Xiaomi mengklaim jika baterainya juga bisa bertahan selama 17 jam untuk memutar video, 216 jam untuk memainkan lagu, 10 jam untuk memainkan game, 25 jam untuk telepon, atau 475 jam saat standby.
Menariknya, Redmi 7A memiliki fitur untuk menjalankan FM Radio tanpa harus memakai earphone atau headphone karena antena penangkap FM Radio berada di bagian dalam. Beralih ke bagian belakangnya, bodi produk ini memakai bahan polikarbonat dengan dukungan P2i Nano-Coating yang membuatnya bisa tahan terhadap cipratan air.
Soal urusan fotografi, Redmi 7A ini sudah dibekali dengan kamera belakang 12 MP ditambah PDAF dan LED Flash yang bisa menghasilkan foto dengan hasil yang baik. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 5 MP yang sudah cukup untuk mengakomodasi video call.
Untuk menekan harganya menjadi murah, Redmi 7A tak dibekali dengan sensor fingerprint. Tapi Xiaomi menawarkan alternatif fitur AI Face Unlock yang memudahkan penggunanya dalam membuka kunci dengan memakai wajah tanpa harus mengetikkan password.
Tak ketinggalan, dukungan jaringan 4G-LTE, dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth, dan MIUI 10 berbasiskan Android 9.0 Pie sudah ada di dalamnya. Xiaomi menjual resmi Redmi 7A di Indonesia dengan harga Rp 1.299.000.
Untuk ketersediannya, Redmi 7A mulai dijual pada tanggal 13 Agustus 2019 di Lazada, Authorized Mi Store, Mi.com, dan toko mitra resmi Xiaomi. Tapi khusus di Lazada bakal ada flash sale di tanggal yang sama, dimana harga Redmi 7A menjadi Rp 1.199.000.
Xiaomi juga melakukan bundling antara Redmi 7A dengan Smartfren, dimana Smartfren menawarkan Kartu Perdana Smartfren Khusus Xiaomi dengan kuota 15GB per bulan selama 2 tahun. Tapi untuk memperoleh kuota tersebut pengguna Redmi 7A wajib melakukan top-up Rp 50.000 per bulan selama 2 tahun atau 24 bulan