Huawei Y5 Lite Resmi Meluncur, Smartphone Android Go Murah Hanya Rp 1 Jutaan

KIOSPULSA - Sesudah merilis Y7 Pro (2019) dan P Smart (2019), ternyata Huawei baru saja meluncurkan smartphone entry-level terbarunya yang bernama Y5 Lite.
Walaupun mempunyai spesifikasi hardware yang rendah, tapi pihak Huawei menjanjikan performa yang lancar karena Y5 Lite ini sudah didukung dengan sistem operasi Android Oreo Go Edition.
Dengan adanya sistem operasi ini membuat Huawei Y5 Lite menjadi salah satu smartphone Android Go yang ada di tahun 2019. Android Oreo Go Edition sendiri adalah sistem operasi Lite dari Android standar yang sudah dioptimalkan untuk dapat berjalan di smartphone dengan spesifikasi hardware rendah, terutama pada perangkat dengan RAM 512 MB atau 1 GB.
Bahkan pihak Google sendiri sudah menawarkan beragam aplikasi Lite atau versi Go yang hemat dalam mengonsumsi daya baterai maupun penyimpanan internal dari Huawei Y5 Lite, seperti YouTube Go, Maps Go, Files Go, dan masih banyak lagi.
Dari segi hardware, smartphone ini sudah didukung dengan chipset MediaTek MT6739 Quad-core, RAM 1 GB, dan storage internal 16 GB yang bisa ditambahkan microSD 256 GB. Menurut saya, kapasitas penyimpanan internal itu dirasa kurang untuk aplikasi maupun dokumen masa kini sehingga sebaiknya pengguna Huawei Y5 Lite bisa menambahkan microSD dengan kapasitas yang cukup besar.
Sedangkan baterainya mempunyai kapasitas yang cukup besar mencapai 3020 mAh. Dengan daya konsumsi hardware yang rendah dan efisiensi dari Android Oreo Go Edition bakal membuat daya tahan baterainya menjadi lebih lama.
Selanjutnya, kamera belakang dari Huawei Y5 Lite ini cuma mencapai 8 MP dengan apertur f/2.0 dan LED Flash. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 yang sudah bisa mengakomodasi foto selfie atau video call.
Huawei Y5 Lite sendiri telah mengikuti tren saat ini dengan mengusung layar 5,45 inci yang beresolusi Full HD+ (1440 x 720 piksel) dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya. Tapi smartphone ini sama sekali tak mempunyai poni sehingga bezel bagian atasnya terasa lebar.
Smartphone ini juga didukung dengan port microUSB, WiFi, dan Bluetooth. Huawei Y5 Lite sendiri bakal dijual di Filipina dan Pakistan dengan harga murah yang mencapai US$104 atau setara Rp 1,5 juta.