Ponsel "Layar Berlubang" Huawei Nova 4 Resmi Rilis, Harganya?

KIOSPULSA - Sesudah berbagai bocoran berlalu-lalang, akhirnya Huawei resmi memperkenalkan ponsel "layar berlubang" Nova 4. 

Lubang di pojok kiri atas layar itu menjadi tren, karena dapat dimanfaatkan untuk tempat kamera selfie, seperti modul kamera beresolusi 25 megapiksel yang ada di Nova 4 ini. 

Penempatan kamera depan ini dapat dilihat mirip seperti "saudaranya", Honor View 20, dan kompetitornya, Samsung Galaxy A8s, yang juga sama-sama mempunyai lubang di layar depan, sebagai alternatif poni layar (notch). 

Selain kamera depan yang terdapatat di lubang layar, ada juga tiga kamera di bagian punggung ponsel penerus Nova 3i ini. 

Masing-masing modul kamera itu berukuran 48 megapiksel dengan lensa bukaan f/1,8; kamera 16 megapiksel dengan lensa f/2,2, dan kamera 2 megapiksel depth sensor untuk meningkatkan kemampuan bokeh.

Tersedia juga Huawei Nova 4 versi kamera belakang 20 megapiksel, dengan kombinasi dua kamera lainnya yang identik dengan versi Nova 4 versi 48 megapiksel.

Dari segi layar, Huawei Nova 4 mempunyai bentang layar berukuran 6,4 inci dengan resolusi 2310 x 1080 piksel. 


Sedangkan soal hardware, berbeda dengan Honor View 20 yang ditenagai chip Kirin 980, Huawei Nova 4 memakai SoC (System-on-Chip) Kirin 970 besutan pabrikan chip Hisilicon, yang juga ditanamkan di ponsel flagship Huawei P20 Pro. 

Soal memori dan penyimpanan, kapasitas memori RAM Huawei nova 4 adalah 8 GB dengan ruang penyimpanan sebesar 128 GB. 

Fitur lain dalam Huawei Nova 4 meliputi pemindai sidik jari di punggung ponsel, colokan USB-C, juga baterai berkapasitas 3.750 mAh dengan dukungan fast charging 18W.   

Di China, Huawei Nova 4 dijual dengan harga 3.399 Yuan, atau setara Rp 7,1 juta, untuk versi kamera 48 megapiksel, dan 3.099 Yuan, setara Rp 6,5 juta untuk model kamera utama 20 megapiksel. 

Ponsel baru besutan Huawei ini baru dirilis di China saja, dan selanjutnya akan mendatangi kawasan India dan Eropa, sebagaimana kami himpun dari The Verge, Senin (17/12/2018). 

Belum diketahui pasti kapan Huawei bakal membawa ponsel "layar berlubang" ini ke Indonesia. Kita tunggu saja kabarnya.