OPPO A7 VS Realme 2 Pro. Mirip di Luar, Mana yang Lebih Unggul?

KIOSPULSA - Walaupun diklaim menyasar pasar yang berbeda, tetapi perusahaan OPPO dan mantan anak perusahaannya, Realme, terlihat masih cukup kompak menyasar kelas menengah ke bawah.
Bahkan tak cuma kelasnya, kekompakan itu juga terjadi di beberapa aspek lain, seperti kesamaan spesifikasi jeroan atau desain yang dipakai pada beberapa ponsel besutan dari keduanya.
OPPO A7 dan Realme 2 Pro menjadi bukti kekompakan itu. Kedua perangkat yang dikembangkan oleh perusahaan berbeda itu mempunyai desain bodi yang sekilas tampak sangat mirip.
Keduanya sama-sama memakai layar berponi yang membawa desain waterdrop display, menempatkan kamera belakang di posisi sama dan gaya yang sama, juga sama pada beberapa detail lainnya.
Persamaan ini tentu saja mendatangkan banyak pertanyaan. Salah satunya, apakah OPPO A7 dan Realme 2 Pro juga mempunyai kemampuan yang seimbang? Atau salah satunya lebih unggul?

Kinerja: Snapdragon 450 VS Snapdragon 660

Dari sekian banyak perbedaan, yang terlihat paling mencolok yakni pemakaian chipset Snapdragon 450 pada OPPO A7 dan chipset Snapdragon 660 pada Realme 2 Pro. Walau sama-sama besutan Qualcomm, dua chipset ini memiliki kemampuan yang berbeda cukup jauh.
Snapdragon 450 dikembangkan oleh Qualcomm secara khusus untuk menyasar kelas entri atau budget smartphone, sedangkan Snapdragon 660 untuk perangkat-perangkat yang menyasar kelas menengah ke atas.
Secara teknis, Snapdragon 450 masih didukung dengan inti ARM Cortex-A53 dengan GPU Adreno 506. Kombinasi ini terpaut lumayan jauh bila dibandingkan dengan Snapdragon 660 yang sudah memakai inti khusus berbasis ARM bernama Kyro 260 yang dipasangkan dengan GPU Adreno 512.

Kamera: 13 MP VS 16 MP

Selain dari kinerjanya, tentu sektor fotografi tentunya juga menjadi bahan pertimbangan untuk mencari ponsel yang tepat. Dan di sektor ini, Realme 2 Pro juga lebih unggul berkat kamera ganda beresolusi 16 MP + 2 MP miliknya.
Kenapa bisa unggul? Walaupun sama-sama memakai lensa sekunder dengan ukuran sama, Realme 2 Pro mempunyai ukuran resolusi sensor utama lebih tinggi karena OPPO A7 cuma mempunyai kamera 13 MP + 2 MP.
Dengan resolusi yang lebih besar, seharusnya Realme 2 Pro lebih detail dan jelas ketika mengambil obyek foto, apalagi kedua perangkat ini memakai ColorOS sebagai sistem operasinya, yang notabene di dalamnya juga termasuk software kameranya.

Baterai: 4.230 mAh VS 3.500 mAh

Di atas kertas, OPPO A7 tentunya bisa dipakai lebih tahan lama dalam menunjang aktivitas harian. Selain karena kapasitasnya yang mencapai 4.230 mAh, hal tersebut juga disebabkan karena OPPO A7 mempunyai layar yang lebih kecil dan resolusi yang lebih kecil.
Sebagai tambahan informasi, OPPO A7 mempunyai layar 6,2 inci beresolusi HD+ (1520 x 720 piksel). Sementara dengan baterai 3.500 mAh, Realme 2 Pro malah menawarkan layar 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel).