Xiaomi Redmi Note 6 Pro VS Xiaomi Mi 8 Lite, Lebih Unggul Mana?

KIOSPULSA - Xiaomi baru saja meluncurkan dua buah ponsel barunya ke pasaran Indonesia. Dua ponsel baru tersebut yaitu Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite.
Sekilas, kedua perangkat besutan Xiaomi ini adalah perangkat-perangka yang dijual untuk menyasar pengguna di kelas menengah. Kendati begitu, kedua perangkat ini didukung dengan spesifikasi yang sama-sama tangguh.
Dengan fakta ini, pastinya banyak yang bingung untuk memilih salah satu di antaranya. Nah, untuk kamu yang bingung, berikut ini perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Xiaomi Mi 8 Lite yang harus kamu tahu.

Desain dan Layar

Kedua ponsel besutan Xiaomi ini memberikan desain yang sama-sama cantik. Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir dengan bodi logam dengan pilihan warna Black, Blue, Rose Gold, Red. Sedangkan Mi 8 Lite memiliki bodi mengkilap dengan warna Aurora Blue dan Midnight Black.
Untuk layarnya, kedua perangkat ini juga sudah didukung dengan layar berponi dengan bentangan sebesar 6,26 inci, beresolusi Full HD+ (2280 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19:9.

Performa

Di sisi kinerja, Xiaomi Mi 8 Lite secara teknis lebih tangguh. Bila Xiaomi Redmi Note 6 Pro didukung dapur pacu Snapdragon 636, Xiaomi Mi 8 Lite sudah didukung oleh Snapdragon 660 AIE yang berada satu level di atasnya.
Selain itu, Xiaomi Mi 8 Lite memakai dukungan RAM berkapasitas  4 GB dan memori internal sebesar 64GB, sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro memakai RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB dan RAM 4 GB untuk memori internal  64 GB.

Kamera

Kedua perangkat Xiaomi ini didukung dengan kamera utama yang lumayan seimbang, yaitu sama-sama memakai kamera ganda dengan resolusi 12 MP + 5MP. Bedanya, Mi 8 Lite membawa dukungan AI yang lebih baik berkat AIE di chipset-nya.
Sedangkan di sektor kamera depan, Xiaomi Mi 8 Lite menawarkan kamera tunggal dengan resolusi 24 MP yang notabene lebih tinggi ketimbang kamera ganda pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang cuma mempunyai resolusi 20 MP + 5 MP.

Baterai

Xiaomi Redmi Note 6 Pro membawa dukungan baterai yang lebih besar dalam hal ini. Xiaomi Redmi Note 6 Pro sudah mempunyai baterai sebesar 4.000 mAh, sementara Xiaomi Mi 8 Lite cuma mempunyai baterai 3.350mAh.

Fitur

Kedua perangkat ini mempunyai fitur yang nyaris seimbang, di mana keduanya sudah didukung dengan sensor fingerprint, face unlock, sampai dukungan sistem MIUI 9 berbasis Android 8.1 Oreo.
Yang lumayan menjadi pembeda, Xiaomi Mi 8 Lite sudah memakai dukungan port USB Type-C sedangkan Xiaomi Redmi Note 6 Pro masih memakai dukungan port MicroUSB yang terbilang teknologi lama.

Harga

Xiaomi Redmi Note 6 Pro hadir di Indonesia dengan harga  Rp 2.899.000 untuk varian RAM 3 GB dan Rp 3.299.000 untuk varian RAM 4 GB. Sedangkan Xiaomi Mi 8 Lite hadir dengan harga Rp 3.699.000.

Kesimpulan

Dengan harga yang tak terpaut terlalu jauh, Xiaomi Mi 8 Lite dapat menjadi pilihan tepat karena mempunyai performa, kamera, dan fitur yang lebih baik. Tetapi, jika dana menjadi pertimbangan pertama, maka Xiaomi Redmi Note 6 Pro versi RAM 3 GB pun cukup layak untuk dibeli.