Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A9 (2018)

KIOSPULSA Perangkat baru besutan Samsung ini memang lumayan menyita perhatian. Pasalnya, perangkat ini menjadi ponsel pertama dengan kamera utama berjumlah empat buah, yang cukup lengkap untuk mengakomodasi kebutuhan fotografi penggunanya.
Tapi, terlepas dari hal ini, perangkat Samsung Galaxy A9 tentu datang dengan mengusung beragam kelebihan dan kekurangan. Dan untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

4 Lensa Kamera Utama

Seperti yang diulas sebelumnya, perangkat ini datang dengan kombinasi lensa kamera utama yang lumayan lengkap. Hal ini karena, perangkat ini mempunyai kamera dengan lensa utama 24 MP, lensa telephoto 10 MP, lensa ultrawide 8 MP, dan lensa kedalaman 5 MP.

Di software kameranya pun, perangkat ini sudah didukung dengan sistem kecerdasan buatan untuk mengenali dan meningkatkan kualitas pengambilan gambar pada banyak skema. Bahkan menariknya, sistem ini pun bakal menawarkan peringatan bila gambar yang dihasilkan kurang memuaskan.
Selain itu, untuk kamera depannya pun, perangkat besutan Samsung ini mempunyai lensa dengan resolusi yang cukup besar untuk sekarang ini, di mana perangkat ini secara teknis sudah didukung dengan kamera beresolusi 24 MP untuk kamera depannya.

Layar Luas

Masih membawa desain andalannya, infinity display, Samsung menanamkan layar luas pada Samsung Galaxy A9, dengan ukuran sebesar 6,3 inci yang sudah berteknologi Super AMOLED dan beresolusi Full HD+ (2220 x 1080).

Performa Mumpuni

Di dalam perangkat baru ini juga, Samsung mempercayai Snapdragon 660 AIE, lengkap dengan dukungan RAM sebesar 6 GB dan memori internal sebesar 128 GB. Menariknya, pada beberapa negara, Samsung bahkan menanamkan RAM 8 GB di dalamnya.

Slot Memori Eksternal Dedicated

Walaupun secara teknis memori internal 128 GB sudah cukup luas untuk menampung beragam berkas, tetapi Samsung Galaxy A9 juga didukung dengan slot MicroSD sampai 256 GB, dan bahkan slot ini termasuk slot dedicated alias dapat dipakai tanpa perlu bergantian dengan kartu SIM.

Fitur Lengkap

Perangkat Samsung Galaxy A9 ini sudah didukung dengan banyak fitur flagship, seperti USB Type-C lengkap dengan fitur Fast Charging, dukungan Dolby Atmos di sektor suaranya, sampai beberapa bahkan sudah didukung dengan NFC.

Kekurangan

No OIS (Optical Image Stabilization)

Sebagai perangkat yang mengandalkan kamera sebagai fitur utamanya, sepertinya kurang lengkap kalau perangkat yang dapat dipakai untuk merekam dengan kualitas sampai 4K (30 fps) ini tak didukung dengan OIS di dalamnya.

Harganya Kemahalan

Di Indonesia belum ada informasi resmi tentang harganya, tetapi berdasarkan informasi yang menyebutkan jika harganya mencapai 11 juta di Eropa, perangkat ini tergolong cukup mahal. Perlu dipertimbangkan, perangkat ini bukan perangkat flagship tapi harga tersebut adalah harga untuk perangkat flagship.