Ponsel Realme 2 dan Realme 2 Pro Resmi Meluncur, Harganya?

KIOSPULSA - Sesudah diperkenalkan di India pada Agustus lalu, Realme 2 akhirnya rilis di Tanah Air pada hari Selasa (9/10/2018). Smartphone itu merupakan seri Realme pertama yang diluncurkan di Tanah Air, pasca-lepas dari Oppo. 

Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian menegaskan jika Realme 2 dibuat untuk anak muda yang modis. Harganya pun dipercaya menyesuaikan dengan kantong mahasiswa. 

"Realme 2 termasuk smartphone pertama dengan desain notch (poni) yang dihargai di bawah Rp 2 juta," kata dia di atas panggung peluncuran, Grand Hyatt Ballroom, Jakarta. 

Walaupun begitu, beberapa spesifikasi Realme 2 menurun dari pendahulunya. Misalnya saja layar full screen 6,2 inci dengan aspek rasio 19:9. 

Memang layar itu terlihat lebih luas dan elegan dengan lengkungan 2,5D. Akan tetapi, resolusinya menurun dari yang sebelumnya Full HD pada Realme 1 menjadi HD 720 piksel.

Beralih ke dapur pacu, Realme 2 disokong chip Snapdragon 450, prosesor octa-core yang mempunyai kecepatan 1,8 GHz. Sektor ini juga mengalami penurunan ketimbang Realme 1 yang diotaki MediaTek Helio P60, setara dengan Snapdragon seri 600.

Untuk RAM dan penyimpanan, Realme 2 menawarkan dua pilihan, yaitu RAM 3 GB dan media penyimpanan (ROM) 32 GB, juga RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Ruang simpan keduanya dapat diperbesar dengan tambahan kartu microSD. 


Salah satu peningkatan dibanding Realme 1 terlihat pada komponen kamera. Realme 2 menanamkan modul kamera ganda di belakang, dengan resolusi 13 megapiksel untuk sensor kamera utama dan 2 megapiksel untuk kamera sekunder. 

Bagian depan terdapat kamera selfie 8 megapiksel. Di bagian belakang tertanam sensor pemindai sidik jari, yang menjadi pembeda lain dari Realme 1 yang cuma memakai face unlock. Walaupun begitu, Realme 2 tetap mempunyai fitur face unlock. 

Ponsel ini dijalankan dengan sistem Android 8.1 Oreo yang dipasangkan dengan antarmuka ColorOS 5.1 besutan Oppo. 

Peningkatan lainnya terlihat pada baterai berkapasitas lebih besar, yaitu 4.230 mAh. Realme 2 didukung dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, bluetooth 4.2, dan USB OTG untuk konektivitas. 

Ada tiga warna yang dapat menjadi pilihan yaitu Diamond Black (hitam), Diamond Red (merah), dan Diaomond Blue (biru). 

Harganya dijual mulai Rp 2 juta (3GB/32GB) sampai Rp 2,4 juta (4GB/64GB). Perangkat ini akan tersedia eksklusif di Lazada mulai 16 Oktober 2018 nanti. 

Realme 2 Pro 

"Selain mengusung Realme 2 untuk anak muda, kami juga menawarkan Realme 2 Pro untuk kelas menengah," kata Felix. 

Ada beberapa peningkatan spesifikasi pada Realme 2 Pro bila dibandingkan dengan Realme 2. Salah satunya layar yang lebih besar, yaitu 6,3 inci.

Desain poni-nya pun lebih tipis, ibarat tetesan air atau diistilahkan "Dewdrop design". Chip-nya menggunakan Snapdragon 660 yang lebih tangguh.

Kamera Realme 2 Pro juga lebih kokoh dengan sensor resolusi 16 megapiksel dan 2 megapiksel di bagian belakang (rear), lalu kamera depannya beresolusi 16 megapiksel untuk selfie. 


Baterai Realme 2 Pro berkapasitas 3.500 mAh. Adapun konfigurasi RAM dan memorinya ada tiga pilihan, yaitu 4 GB/64 GB, 6 GB/64 GB, dan 8 GB/128 GB. 

Secara berurutan harganya Rp 2,9 juta, Rp 3,3 juta, dan 3,7 juta. Ponsel ini tersedia mulai 23 Oktober 2018 di situs jual beli online Lazada. Warna Realme 2 Pro yang dapat dipilih yaitu Blue Ocean, Black Sea, dan Ice Lake.