Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A9

KIOSPULSA - Beberapa saat lalu, Samsung secara resmi mengenalkan perangkat kelas menengah besutannya, yaitu Samsung Galaxy A9, yang menjadi ponsel pertama dengan empat kamera.
Menariknya, empat kamera ini tak ditanamkan dengan dua di kamera depan dan dua kamera belakang seperti kebanyakan ponsel empat kamera biasanya. Tapi, empat kamera ini ada di kamera utama seluruhnya.
Atau dengan kata lain, perangkat besutan perusahaan asal Korea Selatan yang belum dijual secara resmi di Indonesia ini mempunyai total lima kamera, dengan kombinasi empat buah di kamera utama dan satu buah di kamera depannya.
Terlepas dari hal itu, pasti ada sebagian dari kita yang bakal mempertimbangkan perangkat ini untuk menggantikan perangkat yang dimiliki sebelumnya. Untuk itu, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy A9 yang wajib kamu pertimbangkan.

Kelebihan

Empat Lensa Kamera Utama (Quadruple)

Seperti yang sudah disebutkan, kamera utama Samsung Galaxy A9 mempunyai empat buah kamera dengan kombinasi kamera ultra-wide 8 MP + kamera telephoto 10  MP + kamera utama 24 MP + kamera kedalaman 5, yang masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri.
Kamera ultra-wide berfungsi untuk mengambil foto dengan jangkauan luas sampai 120 derajat, kamera telephoto untuk mengambil foto dari obyek jauh karena dapat 2x optical zoom, sementara kombinasi kamera utama dan kamera kedalaman untuk menghasilkan gambar dengan latar blur.
Selain itu, Samsung Galaxy A9 juga didukung dengan fitur Live Focus yang dapat dipakai untuk mengatur tingkat blur sebelum dan sesudah pengambilan foto, juga fitur Intelligent Scene Optimizer  yang bisa mengenali beragam suasana atau kondisi untuk kebutuhan fotografi.

Kamera Depan 24 MP

Tak cuma kamera utamanya, kamera depan pun menjadi salah satu yang diunggulkan Samsung Galaxy A9 untuk menarik para milennial. Tentu saja, dengan resolusi yang terbilang sangat besar untuk sekarang ini, kamera depan Samsung Galaxy A9 bisa mengambil foto dengan lebih mendetail.

Dapur Pacu Mumpuni

Berbekal Qualcomm Snapdragon 660, Samsung Galaxy A9 juga disokong oleh RAM dengan pilihan 6 GB atau 8 GB, dan storage internal 128 GB. Kombinasi ini lumayan tangguh untuk memenuhi berbagai kebutuhan dari pengguna.

Fitur dan Sensor Lengkap

Selain mengusung baterai yang lumayan besar, yaitu 3800 mAh, perangkat Samsung Galaxy A9 mengusung fitur dan sensor yang sangat lengkap, termasuk NFC, fingerprint, Face Unlock, serta USB Type-C yang biasanya hadir di perangkat flagship.

Kekurangan

Terlalu Mahal Untuk Ponsel Menengah

Walaupun belum ada bocoran resmi dari Samsung, ada banyak spekulasi mengatakan harga dari perangkat ini bakal dijual dengan harga lebih dari Rp 10 Juta, yang terlalu mahal untuk ponsel di kelas menengah.