Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A9

KIOSPULSA - Samsung menjadi vendor smartphone pertama yang meluncurkan smartphone empat kamera di belakang atau istilahnya quadruple. 

Galaxy A9 resmi diperkenalkan Kamis, (11/10/2018) kemarin di Kuala Lumpur, Malaysia. 

"Kami sangat antusias untuk mewujudkan janji ini dan memulai debut world leading smartphone camera technologi dengan Galaxy A9" ujar Presidential and CEO of IT & Mobile Communication Division Samsung Electronics, DJ Koh, dalam acara perilisan Galaxy A7 dan A9. 

Smartphone ini menyasar milenial yang suka mengabadikan momen dan membaginya di media sosial. 

Secara total, Galaxy A9 mempunyai lima kamera, empat terpatri di punggung, dan kamera tunggal untuk kebutuhan swafoto.

Empat kamera belakang tersusun secara vertikal di tepi kiri, yang didukung dengan LED flash di bawahnya. Quadruple Galaxy A9 meliputi sensor utama 24 megapiksel dengan aperture (bukaan) f/1.7, sensor kedua beresolusi 10 megapiksel dengan aperture f/2.4 sebagai lensa telephoto.

Lalu sensor ketiganya mempunyai resolusi 8 megapiksel dengan bukaan f/2.4 dengan lensa ultra-wide angle dan kamera terakhir beresolusi 5 megapiksel dengan bukaan f/2.2 sebagai lensa depth. 


Sedangkan kamera tunggal di depan beresolusi 24 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Galaxy A9 mempunyai bentang layar 6,3 inci resolusi full HD plus dengan panel super AMOLED. 

Beralih ke bagian punggung, selain kamera, ada juga sensor pemindai sidik jari yang berada di tengah bodi. 

Inovasi Samsung tak cuma soal kamera, tapi dari segi desain. Berbeda dengan Galaxy A7 yang dirilis bersamaan, Galaxy A9 mempunyai warna prisma yang terlihat mengkilap, didukung dengan kombinasi bahan kaca dan logam. 

Ada warna yang tersedia yaitu Caviar Black, Lemonade Blue, dan Bubblegum Pink. 

Punggung nan mengkilap tersebut bakal memantulkan bayangan dari obyek di depannya. 

Menurut Sang Il Park, Principal Product Designer Mobile Communications Business Samsung Electronic, desain Galaxy A9 dirancang kekinian dan modis untuk memenuhi kebutuhan anak muda yang menjadi sasaran pasar Galaxy A9.

Pindah ke segi hardware, Samsung Galaxy A9 didukung prosesor Snapdragon 660 octa-core 2,2 Ghz quad dan 1,8 GHz Quad. Ada dua model kapasitas yang ditawarkan yaitu RAM 6 dan 8 GB dan memori internal 128 GB. Memori internal keduanya dapat diperluas sampai 512 GB. 


Di bawah cangkang tertanam baterai berkapasitas 3.800 mAh. Perangkat ini bakal dijalankan dengan sitem operasi Android 8.0 Oreo. 

Belum ada banderol harga yang dipatok. Samsung menegaskan bila Galaxy A9 baru bakal ada bulan November nanti.

Untuk diketahui, Galaxy A7 yang sekarang masuk sesi pre-order dijual dengan harga Rp 4.499.000 di Indonesia. Samsung Galaxy A9 yang menjadi flagship di levelnya, bakal dibanderol lebih mahal.