Xiaomi Mi 8 Pro Rilis, Usung RAM 8 GB dan Pemindai Sidik Jari di Layar

KIOSPULSA - Selain memperkenalkan varian murah “ Mi 8 Youth”, Xiaomi juga mengumumkan “Mi 8 Pro” pada acara peluncuran di China. Spesifikasi Mi 8 Pro sejatinya mirip dengan Mi 8 reguler yang diluncurkan beberapa bulan lalu. 

Salah satu perbedaan yang signifikan terlihat pada bagian punggung yang bersih dari pemindai sidik jari (fingerprint scanner). Mi 8 Pro memindahkannya ke bagian layar atau biasa diistilahkan in-display fingerprint scanner. 

Xiaomi Mi 8 Pro juga datang dengan varian RAM yang lebih besar, yaitu 8 GB. Walau demikian, RAM 6 GB serupa varian reguler pun masih menjadi opsi. 

Kapasitas baterainya menurun, dari yang tadinya 3.400 mAh pada varian reguler, sekarang cuma 3.000 mAh. Selain dari itu, ukuran dan komponen dalamnya tetap sama, sebagaimana kami himpun dari PhoneDog.

Mi 8 Pro masih menggunakan layar AMOLED 6,21 inci beresolusi 2248 x 1080 piksel. Ada poni (notch) di bagian atas sebagai wadah sensor Infrared, earpiece, dan kamera depan. 


Berbicara tentang kamera, pada bagian belakang ada modul kamera ganda (dual-camera) yang sensornya beresolusi masing-masing 12 megapiksel. Satu lensa untuk telephoto (F/2.4) dan satunya lagi untuk memotret wide-angle (F/1.8). Kamera depan Xiaomi Mi 8 Pro juga membawa sensor 20 megapiksel. 

Ponsel flagship ini dijual lebih mahal daripada varian reguler, yaitu mulai 3.199 yuan atau Rp 6,7 jutaan (6GB/128GB). Varian yang lebih mahal dijual 3.599 yuan atau Rp 7,5 jutaan (8 GB/128 GB). 

Xiaomi menyebutkan Mi 8 Pro bakal tersedia di China pada 21 September nanti. Belum jelas apakah varian premium ini akan dibawa ke Tanah Air atau tidak.